Sepotong senyum untuk duniamu

My Snowy Summer

Kamis, 09 Februari 2012

Marah.. MARAH.. Menulis

Saat sedang marah atau kecewa, harus ngapain?
Kalau saya hari ini saya mencoba meredakannya dengan menulis.
Menurut artikel dari andriewongso.com manfaat menulis ada 9:
  1. Menghilangkan stres
  2. Sebagai media merencanakan target yang ingin dicapai
  3. Untuk menuliskan komitmen
  4. Sebagai pengontrol target
  5. Alat memformulasikan ide baru
  6. Sebagai gudang inspirasi
  7. Alat penyimpan memori
  8. Alat memudahkan penyelesaian masalah
  9. Sebagai media refleksi dan kebijkasanaan 
Salah satu manfaatnya memang menghilangkan stres. 
"Menulis apa? Menulis dimana?"
Yang terbaik adalah menuliskan perasaan yang sedang dirasakan saat itu, itu membantu mengurangi beban yang sedang dipikirkan, hampir sama dengan melampiaskan perasaan tapi dalam bentuk tulisan.
Tapi yang saya lakukan kali ini justru hal sebaliknya, menulis topik yang random. Topik yang sangat  berbeda dengan emosi saya. Emosi sedang marah dan kecewa dengan seseorang, tapi yang saya tulis adalah hal lain yang bisa membuat saya bersyukur.
"Hasilnya?"
Rasa marah mereda, emosi dan energi berlebih disalurkan dalam bentuk tulisan. 
Selesai menulis, meski cuma tulisan pendek dan hanya hal sepele, terasa sangat melelahkan, sampai hampir tidak bisa merasa apa-apa..terasa ringan dan mulai merasa malu karena bisa-bisanya marah seperti tadi.
Boleh dicoba kalau sedang merasa marah atau kecewa :)


Sumber gambar: commons.wikimedia.org

Tidak ada komentar:

Temen2nya Pinguin